Pemkab Karawang: perpanjang KTP lama jangan tunggu e-KTP

Karawang (ANTARA News) – Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, mengimbau agar masyarakat yang masa berlaku kartu tanda penduduknya habis selama program e-KTP bisa memperpanjang KTP model lamanya.

“Bagi masyarakat yang mobilitasnya tinggi, silakan langsung memperpanjang KTP yang model lama. Jangan menunggu diterbitkannya e-KTP (kartu tanda penduduk elektronik),” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang, Eka Sanatha, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, selama berlangsungnya program e-KTP di Karawang sejak April sampai akhir Desember 2012, Disdukcapil setempat masih melayani pembuatan KTP model lama. Hal itu dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat yang memperpanjang KTP model lama.

Disdukcapil Karawang, kata Eka, tidak akan melayani pembuatan atau perpanjangan KTP model lama yang kini masih dipegang masyarakat Karawang, jika sudah memasuki tahun 2013. Karena saat itu sudah diberlakukan e-KTP. Bahkan diprediksi pada 2013 pewajib KTP di Karawang sudah memiliki e-KTP.

“Selama berlangsungnya program e-KTP (April-Desember 2012), KTP model lama tetap berlaku sampai ditarik oleh petugas Disdukcapil KTP model lama tersebut untuk selanjutnya ditukarkan dengan e-KTP,” katanya.

Ia berharap pelaksanaan e-KTP di Karawang bisa berjalan lancar, sehingga hingga Desember 2012 para pewajib KTP di Karawang sudah memiliki e-KTP.

Eka berharap masyarakat aktif dalam menyambut program e-KTP, dengan mendatangi tempat mobilisasi penduduk yang digelar masing-masing kecamatan selama program e-KTP berlangsung.

Menurut dia, Pemkab Karawang melalui Disdukcapil sudah sering menggelar sosialisasi ke masyarakat mengenai program e-KTP tersebut. Sambil dilakukan sosialisasi, dilakukan persiapan program e-KTP itu dari tingkat pemda sampai di masing-masing kecamatan.

Saat ini, katanya, Disdukcapil Karawang sudah sedikit lega karena perangkat peralatan e-KTP yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat sudah mulai didistribusikan ke setiap kecamatan. Padahal sebelumnya sangat dikhawatirkan kedatangan perangkat peralatan itu terlambat datang ke Karawang.

“Perangkat perlengkapan e-KTP sudah didistribusikan ke setiap kecamatan. Calon operatornya juga sudah dibintek (bimbingan teknis)” kata Eka. (MAK)

Editor: B Kunto Wibisono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: