Penerapan e-KTP masih 50 persen

http://www.waspada.co.id/

MEDAN – Walikota Medan Rahudman Harahap memerintahkan seluruh camat agar membuat komitmen secara tertulis tentang kesiapan mereka menyelesaikan sisa pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) paling lambat 30 April 2012.

“Saya ingin seluruh camat membuat komitmen dan ditandatangani. Dengan demikian, camat bertanggung jawab untuk menyelesaikan sisa pelayanan e-KTP paling lambat tanggal 30 April 2012. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, maka warga yang hendak mengurus e-KTP diminta datang selambat-lambatnya tanggal 15 April 2012,” kata Rahudman, tadi malam.

Hingga saat ini, kata Rahudman, penerapan e-KTP masih 50 persen. “Dengan waktu yang tersisa selama dua bulan, masih ada kesempatan untuk menyelesaikan pelaksanaan e-KTP. Sedangkan perangkat yang rusak, akan terus dikroscek dengan cara dipindahkan pemakaiannya,” jelasnya.

Rahudman mengakui, selama ini sosialisasi e-KTP kepada masyarakat terasa sangat kurang. Karena itu, Pemko Medan akan mengerahkan seluruh sarana yang dimiliki guna kepentingan sosialisasi kepada masyarakat. “Perjuangan kita masih banyak, manfaatkan sarana dari Dinas Kominfo Medan untuk mensosialisasikan batas waktu pengurusan e-KTP sampai 15 April 2012,” pintanya.

Rahudman juga mengatakan pihaknya optimistis tetap mampu memenuhi target tenggang waktu pelayanan KTP elektronik (e-KTP) yang ditentukan oleh pemerintah pusat. “Informasi dari camat dalam satu hari sebanyak 500 orang dapat dilayani, bila ini bisa dipenuhi maka tenggang waktu 30 April 2012 dapat tercapai,” katanya

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Darusalam Pohan menjelaskan, pihaknya melayani 200 orang wajib e-KTP per hari dengan waktu kerja 10 jam. “Untuk jumlah wajib e-KTP yang sudah dilayani sampai Rabu (29/2) kemarin mencapai 41,99 persen atau 911.267 orang wajib e-KTP dari 2.170.400 orang wajib e-KTP yang terdata,” jelasnya.

Editor: PRAWIRA SETIABUDI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: