Penerapan E-KTP Masih Banyak Masalah

http://koran-jakarta.com

JAKARTA – Hingga kini penerapan E-KTP belum maksimal. Terbukti dari banyaknya masalah yang timbul saat penerapan E-KTP tersebut. Mulai dari masalah mesin yang rusak sampai proses pembuatan E-KTP yang sangat rumit.

Kondisi kesulitan tersebut menguak dalam rapat kerja dengan Mendagri Gamawan Fauzi dengan Komisi II di DPR, Jakarta Senin (30/1). Annggota Fraksi PKS, Gamari Sutrisno mengatakan, pembuatan E-KTP masih tergantung pada konsorsium yang terlibat langsung dengan E-KTP tersebut.

“Akibatnya di Jogjakarta ada nasabah Bank yang tidak bisa mengambil uang dengan menggunakan E-KTP. Padahal tidak semua alat baca bisa mendeteksi E-KTP,” katanya.

Selain itu, kata Gamari, sosialisasi E-KTP juga sangat kurang. “Sosialisi di E-KTP sangat kurang, dari data cuma ada 61 persen, ini kurang. Sosiliasi E ktp ini masih jauh dari keinginan,” katanya.

Hal senada juga diucapkan oleh anggota komisi II DPR dari Fraksi Golkar, Basuki Tjahja Purnama. Menurut Basuki, proyek E-KTP ada permainan dari Konsorsium.

“Ini monopoli Konsorsium, masa mau buat E-KTP harus bayar mahal, ini memberatkan bagi kami, kasihan orang yang nggak punya,” katanya.

Basuki pun meminta kepada Mendagri agar memperhatikan warga yang tidak mampu. Program E-KTP harus tersebar keseluruh warga Indonesia.

“Pokoknya orang miskin kaya harus dapat. Jangan sampai ada warga kurang beruntung tidak dapat membuat E ktp. Yang buat E KTP kan yang buat pusat,” pintanya.

Sementara itu, Anggota Komisi II dari FPKB, Abdul Malik Haromain menuturkan, bahwa proyek E-KTP jalannya sangat lambat. Selain itu banyak mesin E-KTP yang rusak. “Beberapa daerah yang sedang ada masalah dengan E-KTP adalah NTB, Indramayu, dan Malang,” kata Malik. fdl/W-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: