Tak Ada Dana Mobilisasi untuk E-KTP

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Penduduk Kabupaten Karanganyar diharapkan memanfaatkan program Electronic KTP (E-KTP), karena gratis dan nantinya semua urusan administrasi mutlak mensyaratkan KTP. Pelaksanaan E-KTP di Karanganyar rencananya akan mulai dilaksanakan pertengahan Maret mendatang.

“Untuk Karanganyar dipastikan tidak ada dana mobilisasi, karena kondisi geograifs di Jawa tidak seperti di luar pulau seperti Sumatera atau Sulawesi sehingga masyarakat diharapkan memanfaatkan program E-KTP karena gratis,” tutur Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sucahyo, ketika ditemui.

Sucahyo mengatakan, untuk di luar Jawa, seperti di Sumatera atau di Sulawesi memang ada dana mobilisasi, karena kondisi geografis yang sulit dan jaraknya yang jauh. Dia lalu mencontohkan dengan yang ada di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara yang ada dana mobilisasi untuk mengumpulkan penduduk agar bisa datang saat perekaman identitas untuk E-KTP.

Sementara di Karanganyar, meski ada desa yang terletak di pelosok tapi dianggap masih bisa terjangkau transportasi. Oleh karena itu, agar masyarakat yang ada di pelosok-pelosok tahu tentang e-KTP, maka pihaknya menggiatkan sosialisasi hingga ke tingkat desa yang dilaksanakan di kantor kecamatan, dan mengundang para perangkat desa serta tokoh masyarakat.

“Dengan sosialisasi tersebut kami berharap mereka bisa meneruskan tentang E-KTP ini sampai ke RW, RT dan warga mereka,” tandasnya.

Sucahyo menegaskan bila selama tahun 2012 ini program E-KTP gratis karena memang program dari pemerintah pusat. Namun setelah itu, untuk pembuatan E-KTP akan dikenai biaya, yang besarannya belum ditentukan. Untuk pembuatan E-KTP setelah tahun 2012 akan dikenakan biaya yang cukup besar, sebab untuk blankonya berasal dari pemerintah pusat.

“Oleh karena itu kami berharap penduduk Karanganyar yang sudah wajib E-KTP agar memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya, mumpung gratis,” tegasnya.

Pada Selasa (7/3) dan Rabu (8/3) pihaknya menggelar pembinaan teknis (Bintek) bagi para operator E-KTP yang ada di kecamatan. Bintek itu akan menjadi bekal bagi para operator sebelum mereka bertugas merekam identitas para penduduk. Setelah bintek, Dispendukcapil akan segera melaksanakan perekaman identitas e-KTP pada pertengahan Maret mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: