830.000 Penduduk di Kendal Wajib E-KTP

KENDAL, KOMPAS.com — Sebanyak 830.000 warga dari 1,2 juta penduduk Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP.

Untuk pembuatan E-KTP ini, di Kabupaten Kendal akan dimulai pada April 2012. Saat ini, semua peralatan untuk pembuatan E-KTP sudah ada di 20 kecamatan yang ada di Kendal.

Menurut Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, pemerintah sudah menganggarkan 4 miliar rupiah dari APBD untuk pembuatan E-KTP. “Dana itu untuk pengadaan peralatan perekam data, alat pemindai, dan sebagainya,” kata Widya di sela-sela sosialisasi E-KTP di pendopo Kabupaten Kendal, Selasa (13/3/2012).

Widya menjelaskan, E-KTP sangat diperlukan guna menghindari atau meminimalkan terjadinya tindakan teroris, untuk mengurangi data ganda, menghilangkan kecurangan-kecurangan dalam pesta demokrasi, seperti pilihan presiden, pilihan legislatif, ataupun pilihan kepala daerah.

“E-KTP juga dilengkapi dengan sidik jari dan chip. Untuk memperoleh E-KTP, warga Kendal tidak perlu membayar karena tidak dipungut biaya pembuatannya,” ujarnya.

Bupati Kendal berharap agar perangkat desa segera melakukan pengecekan dan perekapan data sementara secepat mungkin hingga Oktober mendatang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kendal Astuti Watiningrum mengatakan bahwa alat pembuatan E-KTP sudah ada di kecamatan-kecamatan akhir bulan Februari.

Pihaknya sudah member pelatihan kepada operator mesin tersebut. “Satu kecamatan ada 4 orang operator,” kata Astuti.

Ia menjelaskan, dari 830.000 penduduk Kabupaten Kendal yang wajib E-KTP, 29.000 di antaranya mempunyai KTP ganda. Data orang-orang yang mempunyai KTP ganda itu sudah ada dan diserahkan ke masing-masing desa.

Sementara itu, Kepala Bidang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jawa Tengah Susi Handayani, yang hadir dalam sosialisasi E-KTP di Pendopo Kendal, mengatakan, Kabupaten Kendal sudah siap untuk melakukan pembuatan E-KTP.

Hal itu dilihat dari antusias pemerintah daerahnya dan didukung oleh keinginan masyarakat. “Untuk tahun 2012 ini, di Jawa Tengah ada 27 Kota/Kabupaten yang melaksanakan program pembuatan E-KTP. Saya optimistis di Kabupaten Kendal ini tidak mempunyai masalah,” tutur Susi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: