Ruang Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pacitan

Mengadopsi sistem pelayanan swasta ke sistem pelayanan publik, telah dilakukan beberapa daerah dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pacitan dalam beberapa foto berikut ini:

This slideshow requires JavaScript.

Swandy Sihotang

2 Comments

  1. mohon maaf saya mau tanya mengenai surat penetapan anak adopsi.
    pada tahun 2002 yang lalu pemohon mengajukan permohonan ke pn pacitan namun karena ke tidak tahuanya pemohon maka setelah mndapat surat penetapan dari pengadilan pemohon tidak membawa langsung ke disdukcapil untuk membuat akta kelahiran anak tersebut.
    yang saya tanyakan 1.apakah ada kedaluarsanya surat tersebut,untuk diajukan ke catatan sipil.?
    2.selain surat penetapan dari pn syaratnya apa lagi. mohon pencerahanya.
    pacitan desember.2012

  2. Swandy Sihotang

    Yth, Bpk Harianto, mudah-mudahan jawaban ini masih berguna dan belum terlambat. untuk pengangkatan anak (adopsi) syarat utama adalah Penetapan Pengadilan tentang Pengangkatan Anak tersebut. Dalam Peraturan Presiden No. 25 thn 2008 tentang persyaratan dan tatacara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, tidak ada istilah terlambat (seperti dalam pencatatan kelahiran), jadi setelah bapak mendapatkan penetapan pengadilan tersebut boleh langsung bapak bawa ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Pacitan (sekarang Kepala Dinas-nya Pak Rahmat).
    Selain Surat Penetapan Pengadilan maka persyaratan yang perlu dibawa adalah: Kutipan Akta kelahiran si Anak, KTP Pemohon dan KK Pemohon (Peraturan Presiden No. 25 thn 2008 tentang persyaratan dan tatacara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil psl 87 ayat 2).
    Perlu diketahui, bahwa bapak ke Dinas tersebut bukan untuk membuat Akta Kelahiran, tetapi untuk diberikan catatan pinggir pada Akta Kelahiran yang seharusnya sudah ada tersebut.
    Demikian dan salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: