Warga Bekasi keluhkan pelayanan pembuatan E-KTP

Jakarta (ANTARA News) – Puluhan warga Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat, mengeluhkan pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Bekasi, karena pelayanannya yang dinilai lamban, bahkan warga menunggu hingga berjam-jam untuk proses pas foto.

“Saya menunggu. sejak Senin malam (12/3) pukul 21.00 WIB, namun hingga Selasa dini hari pukul 01.00 WIB, nama saya juga belum dipanggil,” kata salah seorang warga Kelurahan Bintara Jaya, Kecamatan Bekasi Barat, Asep (31), kepada ANTARA, di Kecamatan Bekasi, Selasa dinihari.

Lamanya proses pemotretan untuk pas foto KTP Elektronik, kata dia, disebabkan petugas kecamatan selalu mengulang-ulang nomor antrian, padahal nama orang yang di panggil itu tidak ada, sehingga warga yang memiiliki nomor antrian di atasnya, harus menunggu lama.

“Nomor antrian saya 925, namun petugas selalu mengulang nomor antrian yang berada di bawahnya. Padahal, pemilik nomor tersebut tidak ada. Akibatnya, warga yang memiliki nomor di atasnya harus menunggu lebih lama lagi,” kata Asep.

Upaya yang dilakukan petugas kecamatan itu, tambah dia, tidak efektif dan efesiien karena terus memanggil nomor antrian yang tidak ada orangnya.

“Kalau mau, warga yang telah menunggu lama di kecamatan dipanggil dulu nomornya. Kalau nanti ada warga yang terlewati, bisa langsung melaporkan kepada petugas setempat,” ujarnya yang bekerja di perusahaan swasta ini.

Senada dengan itu juga dikatakan oleh warga Bekasi lainnya, Fajar (23), dia mengakui pihaknya sudah lama menunggu di nomor antrian 1000, namun saat nomornya mau di panggil, petugas selalu mengulang nomor antrian yang berada di bawah sehingga harus menunggu lebih lama lagi.

“Saya kecewa dengan pelayanan E-KTP di Bekasi, tidak seharusnya warga di suruh membuat KTP itu pada dinihari seperti sekarang ini. Seharusnya warga sudah istirahat karena keesokan harinya bekerja” kata Fajar.

Fajar berharap, agar pemerintah khususnya daerah Kota Bekasi untuk lebih memperhatikan prosedur dan lebih sistematis lagi dalam hal pembuatan E-KTP.

Hingga pukul 01.45 WIB puluhan warga masih menunggu di Kantor Kecamatan Bekasi untuk pemotretan pas foto dalam proses pembuatan E-KTP. (ANT)

Editor: B Kunto Wibisono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: