Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi Bicara E-KTP

padangekspres.co.id

GAGASAN pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sudah dimulai pemerintah sejak 2003. Namun, hingga 2009, program itu tersendat-sendat. Begitu sukses diujicobakan di sejumlah daerah, Gamawan Fauzi pun nekat. Targetnya, hingga akhir 2012 harus sudah terekam 172 juta e-KTP. Jika tidak tercapai, Gamawan siap mundur sebagai mendagri.

”Jika saya mundur, ada 10 yang antre siap menggantikan saya. Tapi bukan soal itu. Ini soal tanggung jawab,” ujar Gamawan, dalam berbagai kesempatan, kepada wartawan.

Sebanyak 179 kabupaten/kota sudah mulai menjalankan program ini sejak 2011, dan ditenggat April 2012, ditargetkan terekam 68 juta e-KTP. Sisanya, 300 kabupaten/kota, menggarapnya tahun ini. Berapa capaian hingga kini? Akankah tercapai target itu? Berikut penuturan Gamawan kepada wartawan di pressroom Kemendagri, pekan lalu dan juga saat kunjungan ke Medan.

Sekarang sudah berapa terekam data e-KTP?
Sekitar 48 juta. Target hingga April 68 juta. Sehingga masih kurang 20 juta. Jadi, untuk mengejarnya harus 9 juta per bulan. Artinya, harus terekam 300 ribu per hari. Kemarin sudah bisa 300 ribu hingga 350 ribu per hari. Ini jangan sampai kendor.

Langkah-langkah apa langkah yang dilakukan agar tidak kendor?
Kita bentuk tim pengwasan, yang akan segera kita turunkan ke daerah. Satu orang di setiap provinsi. Tim ini yang nantinya kasih tahu mana yang lambat. Kalau lambat, kepala daerahnya kita telepon, kita ingatkan.

Untuk 300 kabupaten/kota bagaimana?
Untuk yang 2012, Maret jaringan sudah terpasang semua. Ya, akhir Maret lah. Ada yang malah mulai kerja. Akhir Maret barang-barang juga sudah tersebar. April yang 300 kabupaten/kota sudah mulai kerja. Itu untuk yang 105 juta e-KTP. Ini harus kerja keras.

Kalau target tak tercapai apakah tetap mundur?
Ya, ini sebuah taruhan bagi saya. Tapi sekali lagi, ini bukan soal jabatan. Ini soal tanggung jawab terhadap semua proyek besar, yang manfaatnya besar bagi bangsa ini. Kalau besok DPR minta DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu), sudah siap kita. Tinggal ambil saja, mana yang di atas 17 tahun, srettt, keluar. Kalau soal pemilu, sudah siap karena akhir 2011 NIK sudah selesai. Tapi kan sesuai ketentuan, paling lambat April 2013 kita serahkan DP4 untuk pemilu 2014.

KTP Elektronik proyek prestius?
Ya, program ini sama dengan Jerman. Tapi, Jerman perlu lima hingga enam tahun. Kita lebih hebat dari Jerman, dua tahun selesai. Mungkin karena bangsa ini bangsa  pemberani. Dengan bambu runcing pun kita bisa merdeka, apalagi KTP. e-KTP ini manfaatnya banyak. Dengan NIK saja, kita sudah tahu berapa jumlah penduduk saat ini. Tapi dengan NIK masih bisa dipalsukan.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: